Mendengarkan Cerita Pengalaman Teman

Pengalaman adalah suatu kejadian yang pernah dialami oleh seseorang, baik pengalaman yang menyenangkan, menyedihkan, maupun menakutkan. Menceritakan pengalaman berarti menceritakan kejadian yang pernah dialami kepada orang lain. Dalam mendengarkan cerita harus disimak dengan sungguh-sungguh.

Contoh:

Dengarlah cerita pengalaman yang disampaikan oleh temanmu berikut ini!

Liburan Sekolah

Pada liburan semester 1 aku pergi ke rumah nenek di desa. Aku bersama keluargaku berangkat pukul 09.30. Kami naik delman menyusuri desadesa yang hijau akan dedaunan. Aku merasa senang sekali. Sesampai di rumah nenek, aku disambut dengan kasih sayang. Belum lama aku bercengkerama dengan nenek, ada hiburan Topeng Monyet berkeliling.Kakek segera memanggil untuk mengadaka pertunjukan di halaman rumah. Wah meriah sekali, para tetangga ikut menyaksikan pertunjukan itu. Hiburan itu menirukan kelakuan manusia. Misalnya monyet membawa ember, naik sepeda sambil membawa payung, menarik gerobak, dan masih banyak lagi. Sangat terhibur sekali kami sekeluarga. Di samping senang dengan hiburannya, juga dapat berkenalan dengan tetangga nenek dan kakek.

Kami memberikan saran agar siswa diberikan kebebasan dalam menyampaikan cerita terlebih lagi tanpa membawa buku atau contekan saat menampilkan di depan kelas untuk bercerita dihadapan teman-temannya, hal tersebut memberikan manfaat antara lain :
  1. Sebagai pembelajaran mental agar berani tampil di depan orang banyak
  2. Mengetahui diksi yang dipergunakan siswa saat maju di depan kelas
  3. Mengetahui karakter intonasi, lafal saat bercerita






1 komentar:

Anonim mengatakan...

untuk materi berbicara di depan kelas ini...saya juga banyak kesulitan ini maz....banyak dari siswaku yang gak berani untuk tampil di depan kelas...gimana nich cara agar mereka gak demam panggung untuk materi ini.....

Poskan Komentar