Bahasa Indonesia
Tujuan kurikulum
mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial,
(3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui
proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi
Sikap Spiritual, yaitu “Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang
dianutnya”. Adapun rumusan kompetensi sikap sosial, yaitu “Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air”. Kedua kompetensi
tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu
keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata
pelajaran serta kebutuhan dan kondisi pesertadidik.
Penumbuhan dan
pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung
dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta
didik lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan
dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai
berikut.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3. Memahami
pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan di
tempat bermain
|
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis
dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1. Menyimpulkan
informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca
|
4.1 Menyajikan
simpulan secara lisan dan tulis dari teks laporan hasil pengamatan atau
wawancara yang diperkuat oleh bukti
|
3.2. Menggali
isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca
|
4.2 Menyajikan
hasil penggalian informasi dari teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah secara
lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif
|
3.3. Menggali
isi teks pidato yang didengar dan dibaca
|
4.3 Menyampaikan
pidato hasil karya pribadi dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat
efektif sebagai bentuk ungkapan diri
|
3.4. Menggali
informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek: apa, di mana, kapan,
siapa, mengapa, dan bagaimana
|
4.4 Memaparkan
informasi penting dari buku sejarah secara lisan, tulis, dan visual dengan
menggunakan aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta
memperhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif
|
3.5. Membandingkan
karakteristik teks puisi dan teks prosa
|
4.5 Mengubah
teks puisi ke dalam teks prosa dengan tetap memperhatikan makna isi teks
puisi
|
3.6. Mencermati
petunjuk dan isi teks formulir (pendaftaran, kartu anggota, pengiriman uang
melalui bank/kantor pos, daftar riwayat hidup, dsb.)
|
4.6 Mengisi
teks formulir (pendaftaran, kartu anggota, pengiriman uang melalui
bank/kantor pos, daftar riwayat hidup, dll.) sesuai petunjuk pengisiannya
|
3.7. Memperkirakan
informasi yang dapat diperoleh dari teks nonfiksi sebelum membaca (hanya
berdasarkan membaca judulnya saja)
|
4.7 Menyampaikan
kemungkinan informasi yang diperoleh berdasarkan membaca judul teks nonfiksi
secara lisan, tulis, dan visual
|
3.8. Menggali
informasi yang terdapat pada teks nonfiksi
|
4.8 Menyampaikan
hasil membandingkan informasi yang diharapkan dengan informasi yang diperoleh
setelah membaca teks nonfiksi secara lisan, tulis, dan visual
|
3.9. Menelusuri
tuturan dan tindakan tokoh serta penceritaan penulis dalam teks fiksi
|
4.9 Menyampaikan
penjelasan tentang tuturan dan tindakan tokoh serta penceritaan penulis dalam
teks fiksi secara lisan, tulis, dan visual
|
3.10. Mengaitkan
peristiwa yang dialami tokoh dalam cerita fiksi dengan pengalaman pribadi
|
4.10 Menyajikan
hasil pengaitan peristiwa yang dialami tokoh dalam cerita fiksi dengan
pengalaman pribadi secara lisan, tulis, dan visual
|
Komentar
Posting Komentar