IPA
Tujuan kurikulum
mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial,
(3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui
proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi
Sikap Spiritual, yaitu “Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang
dianutnya”. Adapun rumusan kompetensi sikap sosial, yaitu “Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air”. Kedua kompetensi
tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu
keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata
pelajaran serta kebutuhan dan kondisi pesertadidik.
Penumbuhan dan
pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung
dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta
didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3. Memahami
pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat
bermain
|
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis
dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1. Membandingkan
cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan
|
4.1. Menyajikan
karya tentang perkembangangbiakan tumbuhan
|
3.2. Menghubungkan
ciri pubertas pada laki-laki dan perempuan dengan kesehatan reproduksi
|
4.2. Menyajikan
karya tentang cara menyikapi ciri-ciri pubertas yang dialami
|
3.3. Menganalisis
cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan
|
4.3. Menyajikan
karya tentang cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungannya,
sebagai hasil penelusuran berbagai sumber
|
3.4. Mengidentifikasi
komponen-komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana
|
4.4. Melakukan
percobaan rangkaian listrik sederhana secara seri dan paralel
|
3.5. Mengidentifikasi
sifat-sifat magnet dalam kehidupan sehari-hari
|
4.5. Membuat
laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat magnet dan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
|
3.6. Menjelaskan
cara menghasilkan, menyalurkan, dan menghemat energi listrik
|
4.6. Menyajikan
karya tentang berbagai cara melakukan penghematan energi dan usulan sumber
alternatif energi listrik
|
3.7. Menjelaskan
sistem tata surya dan karakteristik anggota tata surya
|
4.7. Membuat
model sistem tata surya
|
3.8. Menjelaskan
peristiwa rotasi dan revolusi bumi serta terjadinya gerhana bulan dan gerhana
matahari
|
4.8. Membuat
model gerhana bulan dan gerhana matahari
|
Komentar
Posting Komentar