Matematika
Tujuan kurikulum
mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial,
(3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui
proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi
Sikap Spiritual, yaitu “Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang
dianutnya”. Adapun rumusan kompetensi sikap sosial, yaitu “Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air”. Kedua kompetensi
tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu
keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata
pelajaran serta kebutuhan dan kondisi pesertadidik.
Penumbuhan dan
pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung
dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta
didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3. Memahami
pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya, dan
mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan
tempat bermain
|
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis
dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1. Menjelaskan
bilangan bulat negatif (termasuk menggunakan garis bilangan)
|
|
3.2. Menjelaskan
dan melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang
melibatkan bilangan bulat negatif
|
4.2. Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian,
dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat negatif dalam kehidupan
sehari-hari
|
3.3. Menjelaskan
dan melakukan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan
dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi
|
4.3. Menyelesaikan
masalah yang berkaitan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan
cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi
|
3.4. Menjelaskan
titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, dan juring
|
4.4. Mengidentifikasi
titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, dan juring
|
3.5. Menjelaskan
taksiran keliling dan luas lingkaran
|
4.5. Menaksir
keliling dan luas lingkaran serta menggunakannya untuk menyelesaikan masalah
|
3.6. Membandingkan
prisma, tabung, limas, kerucut, dan bola.
|
4.6. Mengidentifikasi
prisma, tabung, limas, kerucut, dan bola
|
3.7. Menjelaskan
bangun ruang yang merupakan gabungan dari beberapa bangun ruang, serta luas
permukaan dan volumenya
|
4.7. Mengidentifikasi
bangun ruang yang merupakan gabungan dari beberapa bangun ruang, serta luas
permukaan dan volumenya
|
3.8. Menjelaskan
dan membandingkan modus, median, dan mean dari data tunggal untuk menentukan
nilai mana yang paling tepat mewakili data
|
4.8. Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan modus, median, dan mean dari data tunggal dalam
penyelesaian masalah
|
Komentar
Posting Komentar